CARA CIPTAKAN BUDAYA INOVASI




sebuah bisnis bisa berkembang bila terus berubah mengikuti perkembangan zaman. ketika permintaan pelanggan dan teknologi berubah, maka bisnis pun harus aktif mengikutinya.

hal ini membuat inovasi menjadi bagian yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis. Nah agar dapat melakukan inovasi yang berkelanjutan dibutuhkan yang namanya budaya inovasi. ditengah kompetensi pasar yang kian ketat, hal tersebut menjadi hal yang sangat esensial untuk ditumbuhkan dalam setiap bisnis.

       Kita memang tidak dapat memaksakan sebuah kreativitas. namun, beberapa perubahan kecil mungkin dapat berubah budaya perusahan menjadi lebih kondusif untuk merangsang munculnya berbagai inovasi.  Berikut ini ada tiga hal yang mungkin dapat dilakukan  untuk menumbuhkan budaya inovasi di perusahaan anda:

1. Mengumpulkan berbagai Bakat Karyawan

           langka pertama dalam menciptakan budaya inovasi adalah dengan menempatkan karyawan yang tepat di posisi yang tepat. Di samping itu anda juga perlu menciptakan lingkungan kerja yang mencakup konsep keragaman. keragaman sering diartikan sempit sebatas ras dan gender. padahal konsep ini sangatlah luas, melebihi masalah ras dan gender. keragaman disini adalah mempekerjakan karyawan dari berbagai macam latar belakang. minat yang berbeda, personalitas yang berbeda, latar belakang pendidikan yang berbeda, hingga riwayat kerja dari berbagai industri.
keragaman ini akan menciptakan dinamika yang baik bagi perusahaan. Bayangkan bila semua karyawan melihat bisnis anda dari kacamata yang sama. itu sebabnya carila karyawan yang dapat memberikan perpektif baru bagi bisnis, target pasar, dan target audiens anda.

2. Beri ruang yang cukup untuk Kreativitas.

        Ketika anda telah memiliki karyawan-karyawan yang beragam, beri mereka ruang untuk mengembangkan kreativitas. google adalah perusahaan yang paling besar memberikan ruang cukup lebar bagi karyawan untuk mengembangkan kreativitas mereka. karyawan google mempunyai waktu untuk bekerja secara personal yang tidak terkait langsung dengan tugas-tugas harian mereka.
tentu tidak semua perusahaan dapat memberikan ruang seluas yang google berikan kepada karyawannya. namun, kita memang selalu cari celah untuk itu. misalnya dengan memberikan waktu khusus di hari-hari tertentu  agar karyawan dapan mengeksplorasi ide-ide baru. untuk itu bersikap pleksibel menjadi sesuatu yang esensial.

3. Berikan Toleransi untuk Kesalahan

            pemilik bisnis tertentu tidak ingin membuang waktu  dan biaya untuk sebuah inisiatif yang tidak menguntungkan. misalnya, kegagalan adalah bagian integral dari inovasi. Karyawan anda akan merasa nyaman dalam mengembangkan ide bila mereka tahu bahwa anda tidak mengharapkan setiap inovasi akan berhasil. 
jika merasa terancam akan menerima kemarahan anda untuk menerima setiap inovasi yang gagal, percayalah mereka tidak akan  mau mengambil risiko untuk mengeksplorasi ide-ide baru. namun itu bukan berarti anda melakukannya tanpa kontrol. carilah jalan untuk mengukur keberhasilan setiap ide, sebelum mengerahkan energi penuh untuk menjalankannya. jaga agar komunikasi  berjalan dengan baik antara anda dan karyawan. 

SEMOGA BERMANFAAT.... !!!

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul CARA CIPTAKAN BUDAYA INOVASI. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ruhulbkaimuddin.blogspot.com/2013/01/cara-ciptakan-budaya-inovasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 22 Januari 2013

Belum ada komentar untuk "CARA CIPTAKAN BUDAYA INOVASI"

Posting Komentar