CARA MEWASPADAI BAHAYA DIARE


DIARE sebetulnya bukan penyakit, melainkan gejala suatu penyakit. masuk angin, tidak enak badan, sakit maag, salah makan juga menimbulkan diare. namun tentu saja bukan diarenya yang perlu diobati.yang disebut diare adalah buang air besar (BAB) lebih dari tiga kali seharidengan kondisi tinja yang encer, karena mengandung banyak air.

memasuki musim hujan sudah banyak orang yang terkena diare dan disentri. diare merupakn keadaan dimana seseorang menderita mencret-mencret, tinjanya encer  dan terkadang disertai dengan muntah-muntah. diare juga biasanya disebut dengan muntaber, muntah mencret atau muntah bocor.

Diare adalah slah satu penyakit yang harus diwaspadai disaat musim hujan, salah satu masalah buruknya yaitu sanitasi lingkungan yang mendukung aktifnya kuman penyakit, bakteri dan virus penyebab penyakit.
untuk menjaga agar terhindar dari potensi penyakit dimusim hujan, sangatlah disarankan agar senantiasa menjaga diri dan lingkungan sekitar agar tetap bersih serta tanggap pada kondisi lingkungan yang berpotensi menjadi tempat perkembangan dan penyebaran penyakit. diare sendiri terjadi karena adanya peningkatan volume atau keenceran buang air besar ( terjadi sebnyak 3 kali atau lebih selama 24 jam ).

Menurut dokter diare adalah gejalah buang air besar dengan kosistensi feses( tinja ) lembek, atau cair bahkan dapat berupa air saja. hal itu terjadi lebih dari dua kali sehari berlangsung dalam jangka waku yang lama, tpi kurang dari 14 hari. seperti diketahui, pada kondisi normal, orang biasanya cuman buang air besar sekali atau dua kali dalam sehari dengan dengan konsitensi feses pdat  atau keras.


Pencegahan :

  1. selalu mencuci tangan sebelum menyentuh makanan.
  2. menjaga kebersihan alat-alat makanan 
  3. selalu menutup makanan dan minuman yang terhidang
  4. sebiknya air yang diminum memenuhi kebutuhan sanitasi standar dilingkungan tempat tinggal. air yang dimasak benar mendidih, bersih, tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa.
  5. membiaskan untuk makan dirumah dan kurangi jajan diluar.
  6. buang air harus sesuai persyaratan sanitasi standar.
semoga bermanfaat .. !!!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul CARA MEWASPADAI BAHAYA DIARE. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ruhulbkaimuddin.blogspot.com/2013/01/cara-mewaspadai-bahaya-diare.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 22 Januari 2013

Belum ada komentar untuk "CARA MEWASPADAI BAHAYA DIARE"

Posting Komentar