CARA MENGHEMAT UANG UNTUK MAHASISWA




Menghemat itu juga merupakan kunci keberhasilan loh, buktinya sobat apabila kita tidak menghemat mungkit hidup kita akan hancur,  baik langsung saja baca cara/tips berikut ini :   

 1. cara memilih makanan

biasanya uang akan lebih banyak terkuras saat mengadakannya tentu jika kita tidak punya menajemen yang bagus. Nah, solusinya adalah jika ingin memenuhi kebutuhan makan dan minum dan kebutuhan sehari-hari belilah di toko yang menawarkan harga bersaing. Lalu apakah makan di luar bisa menguras saku kita? Mungkin iya, tapi bukan berarti kita tidak boleh makan di luar. Boleh-boleh saja untuk mengurangi kebosanan, asalkan dengan frekuensi yang tidak terlelu sering dan juga perhatikan untuk tidak makan dipinggir jalan sebab hal tersebut adalah kelakuan yang membuat wibawa seorang du’at berkurang. Dalam membeli makanan usahakan agar membeli makan segar jika makanan yang dibeli adalah makanan belum jadi. Jika dia adalah makanan jadi maka perhatikan masa kadaluarsa makanan tersebut, soalnya bahaya. Jangan sampai karena kecerobohan kita makanan tersebut jadi makanan terakhir yang kita konsumsi. Bila sempat, saat bepergian atau sibuk kita bisa menyiapkan bekal makan siang. Biayanya akan jauh lebih murah. Dan kita juga bisa berkreasi membuat makanan sesuai dengan selera kita masing-masing. Untuk pengadaannya tidak repot, cukup dengan membeli rantang mungil yang bisa dibawa atau disimpan dalam tas. Begitu juga untuk minum, kalau bisa jangan terlalu sering membeli. Kita bisa menghemat uang dengan membawa air minum yang sudah kita siapkan dari rumah. Toyyib?

2. Teliti dalam Membeli Pakaian  

 Belilah pakaian pada saat atau momen yang memang benar-benar kita butuhkan. Lalu pilihlah jenis bahan yang mudah perawatannya, sehingga tidak membuat waktu kita habis hanya untuk mencuci atau membersihkan pakaian kita. Sempatkanlah diri anda untuk membeli pakaian saat ada obral, bila teliti biasanya kita bisa mendapatkan pakaian dengan harga terjangkau. Ada beberapa istilah pengobralan pakaian yang mudah kita dapat, ada istilah “RB” untuk daerah Buton Sulawesi Tenggara, ada juga “CAKAR” yang biasanya mudah didapatkan di daerah Sulawesi Selatan khususnya Makassar. Tapi, perlu diperhatikan saat membeli bukan berarti kita boleh memudah-mudahkan aqidah kita luntur. Tetap menjaga aqidah dengan mempertahankah hijab, carilah tempat membeli yang syar’i.

3. Hemat listrik

 Ini juga untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan program hemat energi. Matikanlah lampu ruangan bila tidak dibutuhkan. Kurangi pula penggunaan lampu yang tidak deperlukan. Ingat listrik juga adalah nikmat, jika kita boros maka sama artinya dengan kita tidak mensyukuri nikmat dan orang yang semacam ini mereka adalah saudara-saudara syaitan. 4. Jadilah anggota perpustakaan Pada provokasi keempat ini lebih, ana lebih menekankan pada penghematan pengeluaran dalam mengadakan buku. Biasanya perpustakaan menyediakan buku-buku yang kita perlukan juga gratis saat kita memerlukannya. Yang perlu dijaga adalah amanah kita saat meminjam. Usahakan sesuai dengan akad yang ada, menjaga kerapian buku, mengembalikan pada waktunya dan mematuhi peraturan-peraturan lainnya yang sudah ditetapkan. Sebab jika tidak maka kita adalah “pengkhianat”.

5. Kuasai suatu keterampilan

Yang ini butuh proses Tapi sangat berguna sebab ia berprospek jangka panjang. Apalagi ditengah arus globalisasi informasi keterampilan akan bernilai ekonomis. Usaha yang dilakukan bisa dengan mengikuti pelatihan atau kursus-kursus yang murah. Saran ana, jika ada yang berminat dengan ini jangan sampai mengorbankan dakwah sebab salah satu ujian berat yang Allah berikan pada seorang du’at adalah saat Allah telah mendatangkan dunia padanya.

6. Menabunglah

Menabung sangat banyak manfaatnya Menabung Insya Allah akan menimbulkan rasa aman. Bila saatnya kita harus membayar segala tagihan maka sebisa mungkin sisihkan sebagian untuk tabungan.  

7. Shaum (Berpuasa) Sunnah

Wah, kayaknya ada yang berkerut nih dahinya... Tenang, ini sungguh-sungguh mudah. Terlebih ini adalah sunnah Rasulullah, dan yakinlah bahwa Allah tidak pernah menurunkan syari’at melainkan sesuai dengan kemampuan hamba-Nya. Disisi lain puasa juga menguntungkan bagi kesehatan.

8. Banyak bersedekah  

Bersedekah tidak akan mengurangi harta lo. Bahkan akan diganti dengan ganti yang berlipat dari Allah, bagus kan? Mau? Kalau mau, banyaklah bersedekah. Allah subuhanahu wa ta’ala berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (QS. Al-Hadiid: 18).

semoga bermanfaat ........!!!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul CARA MENGHEMAT UANG UNTUK MAHASISWA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ruhulbkaimuddin.blogspot.com/2013/01/cara-menghemat-uang-untuk-mahasiswa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Kamis, 24 Januari 2013

Belum ada komentar untuk "CARA MENGHEMAT UANG UNTUK MAHASISWA"

Posting Komentar