siap hadapi kritikan


Orang orang yang tidak dikritik adalah mereka yang tidak melakukan apa-apa, tidak mengatakan apa-apa, tidak akan menjadi apa-apa dan tidak akan sukses



kritik itu hal yang membangun dalam hal apapun, tapi tidak semua orang bisa menghadapi kritik apalagi kritik tajam dari atasan, apalagi jika anda dipanggil secara khusus kesuatu ruangan hanya untuk mendengarkan kritik dan dikeroyok  sehingga anda merasa tidak berdaya, bila ternyata kritik yang disampaikan itu benar, bahka bisa saja anda merasa kecewa dan mempengaruhi kinerja anda.
Kritik bukanlah sebuah akhir perjalanan karir anda. Bila anda menerima kritik, hal-hal berikut yang dapat anda lakukan :
siap hadapi kritikan
1.      Berbesar hatilah menerima informasi yang anda terima  dan renungkanlah, memang tidak mudah untuk menerima kritik yang tajam dari atasan anda dan kadang kita merasa tersinggung  dengan kritikan tersebut. Tetapi cobalah untuk berbesar hati  dan menerimanya dengan lapang dada  bila perlu jadikan kritikan tersebut sebagai motivasi  anda untuk menjadi yang lebih baik.
2.      Jangan langsung memberikan reaksi. Akan lebih baik jika anda mendengarkan dan menyimak terlebih dahulu, sebaiknya anda menahan emosi dan tidak terhanyut dengan sensitivitas yang dalam.  Ambillah waktu untuk berfikir sebelum anda bereaksi keras yang mungkin malah membuat anda menyesal kemudian.
3.      Hilangkan ganjalan dihati. Jika anda menyesal telah mengatakan sesuatu, atau tidak mengatakan sesuatu yang seharusnya anda katakan, bahas kembali hal tersebut. Kemukakan nek-unek anda kejujuran anda saat menerima kritikan justru akan menunjukan kedewasaan anda.
4.      Minta penjelasan. Pastikan atasan anda memberika contoh ketika anda tidak memberika performa sesuai yang dia iginkan. Gosip bertebaran dikantor, dan kritik yang datang selalu tak berarti akurat. Jika ia berkata kepada anda bahwa ia sering mendengar laporan bahwa anda datang terlambat, atau memiliki sikap negatif terhadap suatu tugas. Tanyakan contoh spesipiknya. Pikirkan cara-cara yang bis anda lakukan untuk membuat situasi membaik.
5.      Jangan mengeluarkan kalimat tuduhan. Tak akan membuat segalanya lebih baik jika anda menyalakan si boss atau orang lain. Lebih baik anda menunjukan sikap jika anda mendengarkan atau mencoba untuk berdiskusi jalan keluarnya. Anda bisa mengeluarkan kalimat-kalimat spesifik, jadi anda bisa memperbaiki kesalahan yang tepat.
6.      Pahami hak anda. Atasan harus memberikan surat peringatan terlebih dahulu sebelum menegur anda secara langsung. Atau anda baca kembali buku putih perusahan untuk mengetahui kesalahan dan ganjaran yang seharusnya anda terima. Anda memiliki hak untuk diperlakukan sesuai ketentuan dan perjanjian diawal anda bekerja. Tak perduli betapa parahnya situasi anda sekarang.
7.      Berterimakasih. Terdengar klise dan berlawanan dengan situasi yang anda alami, namun coba pikir sejenak, anda dikritk artinya anda diperhatikan. Atasan anda peduli untuk memberitahu anda apa yang seharusnya dilakukan untuk bisa maju. Meski kritik yang anda terima terdengar tajam dan menyakitkan tetap lebih baik dari pada tidak ada masukan apapun dari atasan anda.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips dengan judul siap hadapi kritikan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ruhulbkaimuddin.blogspot.com/2012/08/siap-hadapi-kritikan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 07 Agustus 2012

1 Komentar untuk "siap hadapi kritikan"